Minggu, 17 April 2022

 

2.3.a.9. Koneksi Antarmateri - Coaching

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menyesuaikan kebutuhan murid. Untuk itu, perlu dilakukan pemetaan terhadap karakter murid.

Pemetaan kebutuhan murid dilihat dari 3 aspek:

1.      Kesiapan Belajar

2.      Minat

3.      Profil Belajar

Strategi Difernsiasi:

1.      Diferensiasi konten (apa yang kita ajarkan kepada murid:tanggapan, minat, profil belajar yang berbeda, kombinasi ketiganya). Alat ukur equalizer/pemilah. Memberi tantangan, pertanyaan pemandu,

2.      Diferensiasi proses

3.      Diferensiasi produk

Agar dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, perlu mempelajari kondisi sosial dan emosional murid.

Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuanketerampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

Pembelajaran sosial dan emosional bertujuan:

1.      memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi (kesadaran diri)

2.      menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri)

3.      merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)

4.      membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi)

5.      membuat keputusan yang bertanggung jawab.  (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

 

Perbedaan-perbedaan karakter murid, tentu akan muncul berbagai permasalahan yang digahadapi. Dengan permasalahan yang dihadapi muri, murid diharapkan mampu mengatasi permasalahan itu sendiri dengan sedikit bantuan.

Untuk menangani permasalahan-permasalahan itu, guru harus mampu menjadi coaching. Coaching merupakan upaya penyelesaian masalah dengan menggali potensi-potensi yang ada pada coachee (murid). Salah satu model coaching yang dipelajari adalah Model TIRTA (Tujuan, Identifikasi, Rencana, dan Tanggung jawab).

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar